Hidayat Didik

Dalam situasi pandemi saat ini, sangat penting bagi kita semua untuk membangun ketahanan. Mari kita pahami 10 cara praktis untuk membangun ketahanan.

Di postingan saya sebelumnya Pahami resiliensi, atribut-atributnya dan skor Anda sendiri, kami telah memahami apa artinya resiliensi dan apa saja atribut-atribut orang yang resilien. Sekarang, Dalam posting ini kita akan belajar bagaimana membangun ketahanan.

Jadi hari ini kita akan membahas beberapa cara sederhana, cerdas, dan praktis di mana kita masing-masing dapat membangun dan meningkatkan ketahanan. Seperti yang kita semua tahu, ketahanan sangat penting dalam situasi sulit seperti pandemi ini.

10 cara membangun Ketahanan:

1. Membuat dan memelihara hubungan yang baik:

Hubungan baik dengan anggota keluarga dekat, teman atau orang lain adalah penting. Menerima bantuan dan dukungan dari mereka yang peduli pada Anda dan akan mendengarkan Anda memperkuat ketahanan. Selain itu, ini memberikan perasaan bahwa kita memiliki orang yang dapat kita diskusikan masalah kita.

2. Jangan melihat krisis sebagai masalah yang tak terkalahkan:

Anda tidak dapat mengubah fakta bahwa peristiwa yang sangat menegangkan terjadi. Namun, Anda dapat mengubah cara Anda menafsirkan dan menanggapi peristiwa ini. Cobalah melihat melampaui masa sekarang untuk mengetahui bagaimana keadaan di masa depan mungkin sedikit lebih baik.
Selain itu, catat setiap cara halus di mana Anda mungkin sudah merasa agak lebih baik saat menghadapi situasi sulit.

3. Ambil tindakan penting:

Bertindak pada situasi yang merugikan sebanyak yang Anda bisa. Ambil tindakan tegas, alih-alih melepaskan diri sepenuhnya dari masalah dan tekanan dan berharap masalah dan tekanan itu hilang begitu saja. Jadi, Anda perlu mengingat ini

Selalu ingat, lingkungan luar sama untuk semua, yang membuat kita berbeda adalah apa yang ada di dalam diri kita.

4. Pertahankan hal-hal dalam perspektif:

Bahkan ketika menghadapi peristiwa yang sangat menyakitkan, cobalah untuk mempertimbangkan situasi stres dalam konteks yang lebih luas dan tetap memiliki perspektif jangka panjang. Hindari meniup acara di luar proporsi.

5. Sikap Syukur untuk Membangun Ketahanan:

Selalu hitung berkat Anda daripada berfokus pada kesulitan Anda. Selain itu, Anda telah bertahan dan berkembang sampai sekarang, Anda akan selamat dari ini juga. Cobalah untuk melihat semua hal dan orang yang Anda miliki dalam situasi sulit ini dan bersyukurlah atas semua itu.

Syukur memainkan peran penting dalam membangun ketahanan, Oleh karena itu Anda mungkin ingin lebih memahami tentang rasa syukur, dua posting ini akan membantu Anda.

6. Fokus pada Membangun Ketahanan Fisik.

Perubahan kecil apa yang dapat Anda investasikan untuk meningkatkan kesehatan Anda? (Tidur yang lebih baik, nutrisi yang lebih baik, hidrasi, olahraga, dll.)

Selain itu, buatlah satu perubahan kecil yang dapat Anda lakukan sekarang dan lakukan itu secara konsisten dan Anda akan melihat peningkatan dalam hidup Anda.

7. Identifikasi dan Gunakan Kekuatan Anda:

Jelaskan saat ketika Anda mampu mengatasi atau menangani tantangan besar dalam hidup.

Apa yang Anda pelajari tentang diri Anda?
Kekuatan pribadi apa yang Anda manfaatkan?

Selain itu, berfokus pada kekuatan memberi Anda kekuatan. Dan mengingat situasi yang Anda taklukkan terakhir kali membantu Anda dalam meningkatkan ketahanan Anda dan memberi Anda kekuatan untuk melawan situasi saat ini.

8. Membangun Tujuan untuk Membangun Ketahanan:

Memiliki rasa ke mana Anda akan pergi dalam hidup itu penting. Oleh karena itu, tetapkan beberapa Tujuan yang realistis dan secara teratur bekerja untuk mencapainya. Kemunduran akan terjadi tetapi orang-orang yang tangguh tetap mengingat tujuan dan selalu bekerja untuk mencapai tujuan.

9. Cari peluang untuk mengenal diri sendiri:

Terlibat dalam hal-hal baru dan secara aktif mencari peluang baru yang membuat Anda keluar dari zona nyaman profesional dan pribadi Anda. Pengalaman ini membantu orang belajar tentang diri mereka sendiri dan di samping itu pasti akan memberikan perasaan pertumbuhan dan pencapaian.

10. Jaga Diri Anda:

Perhatikan kebutuhan dan perasaan Anda sendiri. Selain itu, lakukan aktivitas yang Anda sukai dan buat santai. Berolahraga secara teratur. Merawat diri sendiri membantu menjaga pikiran dan tubuh Anda tetap terinformasi untuk menghadapi situasi yang membutuhkan ketahanan.

Takeaways Utama tentang cara membangun Ketahanan:

Seseorang harus memiliki orang-orang dengan siapa Anda dapat berbagi diri dan mengambil bimbingan. Terlepas dari hubungan yang baik, seseorang harus memiliki kapasitas untuk mengambil beberapa tindakan tegas pada waktunya. Rasa Syukur sangat penting dalam membangun ketangguhan, karena sampai kita bahagia dan mensyukuri hal-hal dan orang-orang yang kita miliki, kita tidak dapat membangun ketangguhan untuk melawan keadaan.

Last but not least, Seseorang harus sangat memperhatikan dirinya sendiri dan fokus pada pengembangan beberapa keterampilan utama dan mencoba mencari peluang yang tersembunyi.

10 cara praktis untuk membangun ketahanan dalam situasi pandemi saat ini